Saturday, September 18, 2010

usg measurements

Ada beberapa ukuran yang digunakan dokter kandungan untuk menentukan pertumbuhan janin dalam kandungan. Umumnya akan terlihat di dalam foto USG, diantaranya: AC, GS, CRL, BPD, FL, ATPD, TTD, EFW, HC, HL dan YS. I hope it's all. Mari kita mulai..
  1. GS [Gestational Sac]; ini adalah ukuran kantung bakal amniotic sac. Sebelum janin terbentuk (12 minggu) umumnya dokter kandungan menggunakan pengukuran ini untuk menentukan apakah bayi bertumbuh atau tidak.
  2. YS [Yolk Sac]; ini diameter calon plasenta (ari - ari).
  3. CRL [Crown to Rump Length]; ini juga digunakan sebelum bayi berusia 12 minggu. Yang diukur adalah panjang bayi dari ujung kepala sampai tulang ekornya.
  4. BPD [Biparietal Diameter]; adalah diameter (bukan lingkar lho yaa) kepala. Diambil dari ujung ke ujung, kadang suka error karena bentuk kepala yang oval (tidak bulat sempurna).
  5. HC [Head Circumference]; ini dia nih ukuran diameter kepala. BPD dan HC biasanya akan diukur setelah 12 minggu karena biasanya CRL sudah tidak terukur di alat sensor USG.
  6. AC [Abdominal Circumference]; atau kadang disebut juga dengan ATPD yaitu lingkar perut bayi.
  7. TTD; ga tau panjangannya apa, tapi ini adalah diameter (lebar perut).
  8. FL [Femur Length]; panjang tulang paha dari tulang selangka sampai lutut.
  9. HL [Humerus Length]; panjang tulang lengan dari bahu sampai siku.
  10. EFW [Estimated Fetal Weight];perkiraan berat bayi.. biasanya sudah dihitung mesin USG dari beberapa kombinasi perhitungan diatas.
ref:http://mrandmrsrizki.blogspot.com/2010/05/usg-measurements.html

No comments: